Minggu, 20 November 2011

Manual Inkscape


Penyunting Inkscape
Inkscape merupakan aplikasi penyunting grafis vektor yang secara default sudah terinstal di BlankOn. Aplikasi ini adalah padanan dari aplikasi penyunting grafis vektor komersial Corel Draw yang ada di Microsoft Windows.

Memulai Inkscape
Untuk membuka aplikasi Inkscape, klik Menu Utama BlankOn >Aplikasi > Grafik Editor Grafis Vektor Inkscape. Tidak lama kemudian, jendela aplikasi Inkscape akan dibuka. Penampilan dan tata letak dari Inkscape sangat mirip dengan Corel Draw. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan Corel Draw, menggunakan Inkscape tidaklah menjadi hal yang sulit. 

Tampilan standar jendela Inkscape dengan bagian-bagian penting.

Berikut adalah bagian dari aplikasi Inkscape: 

Canvas /Kanvas
Area gambar. Ini dapat memanjang keluar area pandang. Kita dapat menyorot halaman ini sesuai kebutuhan (menggulirkan kiri / kanan dan atas / bawah) dan diperbesar ataupun diperkecil.

Page /Halaman
Bagian dari area Canvas/kanvas sesuai dengan halaman yang dicetak atau daerah standar lainnya.  Berguna untuk menetapkan sebuah desain gambar yang akan kita cetak atau ekspor dalam bentuk bitmap. Sebenarnya kita juga dapat memperpanjang di luar daerah ini [3]
Menu Bar
Berisi semua menu utama dapat kita gunakan.

Command Bar
Berisi cara pintas ke berbagai item yang terletak di menu. Klik View >Show/Hide untuk mengaktifkan menu ini jika tidak ada/hilang.

Snap Bar

Berisi ikon yang dapat diklik untuk mengendalikan Ikon yang aktif. Lihat bagian yang disebut "Snapping" dalam Bab 5, Positioning dan Transformasi.

Tool Controls /Alat Kontrol
Berisi ikon dan kotak Aktif jika kita melakukan klik pada objek yang dipilih. Misalnya, ketika kita menggunakan Rectangle Tool/kotak, maka kita bisa memodifikasi object tersebut menjadi bentuk segitiga, trapesium, dll.

Tool Box /Kotak Alat
Berisi "Tools" untuk memilih, menggambar, atau memodifikasi objek. Klik ikon tertentu untuk membuat suatu object. Double-klik akan memunculkan dialog preferensi alat tersebut.
Tool Controls akan berubah jika kita melakukan klik pada salah satu bentuk, perubahan akan menyesuaikan pada jenis bentuk yang kita klik.

Color Palette /Palet warna

Berisi palet warna untuk memberi warna pada object sesuai pilihan kita, untuk memilih warna lain yang tidak kelihatan, lakukan penyeretan pada bar gulir (Scroll Bar) yang disertakan pada dibawah palet warna. Menggunakan tombol Shift sambil sambil melakukan klik pada salah satu palet warna akan merubah warna Stroke pada object yang aktif.
Warna yang digunakan oleh beberapa alat dapat diatur dengan mengklik pada contoh warna yang ada. Palet dapat diubah dengan mengklik ikon tanda panah di ujung kanan dari palet, terdapat banyak palet standar yang sudah disertakan.

Status Bar
Berisi beberapa daerah yaitu: Style Indicator, layer information, Notofication region, Pointer Posision, Zoom, dan resize

Style Indicator /Indikator gaya
Style Indicator menunjukkan warna dari File dan stroke dari object yang dipilih, jika kita melepaskan object maka Style Indikator secara otomatis akan tidak aktif.

Layer Information
Berisi keterangan dari object yang sedang aktif dihalaman.


Notification Region /Pemberitahuan Daerah


Rulers /Penggaris


Scroll Bars /Gulir Bar

 



Color Calibration /Kalibrasi Warna 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar